Cari Blog Ini

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi Berdecit

Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi Berdecit – Dalam perawatan hal ini bertujuan agar masalah atau problem tidak muncul, nah yang salah satu masalah yang paling sering muncul ketika kondisi musim penghujan ialah pada rem motor yang bunyi berdecit.
Dengan bunyi berdecit ini tentunya sangat mengganggu bagi pengendaranya, terlebih lagi membuat kita merasa minder atau kurang percaya diri dalam berkendara. Lalu apa sih penyebab rem bunyi berdecit setelah berkendara saat musim hujan?? Nah berikut ini ulasannya.

Penyebab Rem Bunyi Berdecit
Pada rem yang bunyi berdecit pada sepeda motor ini disebabkan oleh adanya debu yang terkena air yang menempel pada bagian kanvas rem ataupun cakram pada rem motor tersebut. Debu yang menempel ini akan bergesekan dan menghasilkan bunyi berdecit yang sangat mengganggu. Dan selain adanya debu yang menempel pada kanvas atau rem, bunyi ini juga bisa disebabkan oleh ausnya pada kanvas rem.

Cara Mengatasi Atau Menghilangkannya
Maka untuk itu untuk menghilangkan bunyi ini maka anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Kalau disebabkan karena kampas rem yang sudah aus maka langkah untuk memperbaikinya ialah dengan penggantian kanvas rem.
Dan sedangkan jika penyebabnya ialah pada komponen rem yang kotor, maka perlu dilakukan pembersihan. Anda dapat membersihkan kanvas rem dengan menggunakan amplas, lalu cakram jangan lupa juga dibersihkan. Agar semakin bersih, maka gunakan sabun untuk membersihkan cakram rem motor anda.

Pada saat kondisi musim penghujan anda harus rutin melakukan servis di bengkel, hal ini dikarenakan pada musim penghujan motor sangat membutuhkan perawatan yang lebih. Dalam perawatan yang diperlukan seperti pengecekan rem, tune up ringan, ban, rantai motor dan lain-lain.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Penyebab Dan Cara Mengatasi Rem Motor Bunyi Berdecit semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Postingan Populer