Cari Blog Ini

Kendala Yang Dialami Motor Beat, Akibat Kurang Perawatan

KENDALA MOTOR HONDA BEAT, KADANG MUNCUL AKIBAT KURANG PERAWATAN



Siapa yang tidak kenal Honda Beat, skutik sejuta umat bikinan PT Astra Honda Motor ini sangat populer karena irit dan lincah. Selain itu, perawatan Honda Beat terbilang mudah dan pastinya suku cadang melimpah.
Meskipun begitu, masih banyak pemilik yang malas merawat sehingga kendala Honda Beat pun muncul. Kendala pada Honda Beat khususnya tipe injeksi tak ada bedanya dengan penyakit motor injeksi lainnya. Kerusakan biasanya muncul karena usia pakai dan tidak mengalami perawatan semestinya. Apabila dibiarkan, kendala di Honda Beat ini niscaya bisa membuat motor mogok tiba-tiba.

Alasannya, karena ada salah satu komponen yang berhenti bekerja atau tidak bisa berjalan semestinya. Nah yuk kita cari tahu apa saja penyakit dari si skutik sejuta umat di Indonesia ini.

 ⇒ Honda Beat Injeksi Brebet Saat Digas dan Sering Mati
Skutik-skutik injeksi keluaran terbaru biasanya punya ciri khas langsam yang besar kemudian berangsur normal saat pertama kali dihidupkan. Bila motor dalam kondisi normal maka saat grip gas diputar tidak muncul gejala brebet. Namun, bila menemukan gejala brebet saat memutar grip gas maka itu sudah menjadi indikasi adanya masalah.

Hasil gambar untuk busi honda beat bermasalah

Biasanya, gejala brebet ini tidak berkaitan dengan kerusakan sistem injeksi sehingga tidak membuat lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) di panel speedometer berkedip. Jangan keburu panik, coba periksa busi dan filter udaranya terlebih dahulu. Biasanya, gejala brebet parah muncul karena percikan api dari busi mulai lemah. Selain itu, tarikan motor terasa berat dan kurang bertenaga. Bila terus dipaksa, motor bisa tiba-tiba mogok. Untuk busi biasa, daya tahan maksimalnya sekitar 6.000 kilometer. Bila terdapat endapan kotoran sisa pembakaran, sebaiknya bersihkan atau cuci dengan bensin. Bila tidak bisa, maka segera lakukan penggantian busi.

Bila sekiranya selama enam bulan belum pernah ganti busi, sebaiknya ganti dengan busi baru. Untuk Honda Beat, jenis busi yang sesuai dengan bawaan motor yaitu CPR9 atau U27. Biasanya gejala brebet hilang dan motor berjalan normal. Tapi apabila motor masih terasa agak berat tarikannya, coba periksa filter udara. Menurut buku panduan pemilik, filter udara ini waktu penggantiannya setiap 16 ribu kilometer.

Hasil gambar untuk filter honda beat

Apabila terlihat sangat kotor, bersihkan dengan cara mengetuk di lantai supaya debu yang menggumpal bisa turun. Jangan bersihkan filter dengan angin kompresor, sebab bisa melunturkan pelumas di filter yang berfungsi menahan debu. Apabila sudah sangat kotor dan kira-kira sudah mencapai setahun pemakaian sepeda motor, tak ada salahnya diganti baru agar penyaringan udara kembali optimal.

 ⇒ Tarikan Honda Beat Berat dan Kurang Bertenaga

Hasil gambar untuk tarikan honda beat kurang bertenaga

Kendala lainnya yang sering dikeluhkan pemilik Honda Beat yaitu merasa tarikan tunggangan mereka kurang bertenaga. Bila merasakan hal demikian, coba diingat-ingat lagi kapan melakukan servis dan tune up. Seiring pemakaian, setelan klep bisa berubah dan ‘shower’ injektor bisa kotor karena kualitas bensin yang kurang bagus.

Mesin yang bekerja terus-menerus pastinya membuat setelan kerenggangan klep berubah. Untuk penyetelan ini lumayan sulit dan tidak semua orang bisa melakukan penyetelan yang tepat. Sebab,pada saat melakukan penyetelan klep, posisi piston harus berada pada top kompresi.
Saat mencari posisi itu harus menyesuaikan tanda T yang ada pada magnet dengan tanda yang ada di blok, dan juga tanda yang ada pada timing gear dengan tanda yang ada pada kepala silinder.
Belum lagi, Carmudian harus mengukur celah kerenggangan pada penyetelan klep memakai fuller klep. Bila salah setel, ruang bakar kehilangan kompresi atau paling parahnya klep akan menabrak bagian atas silinder.

Untuk penyetelan klep ini sebaiknya dibawa ke bengkel langganan yang terpercaya. Saat servis rutin seperti ini, biasanya mekanik juga akan membersihkan bagian throttle body dan shower injektor. Kotoran disemprot memakai cairan cleaner khusus kemudian dibersihkan dengan sikat khusus.
Setelah penyetelan klep dan pembersihan injektor, sebaiknya dilanjutkan dengan ganti oli agar mesin benar-benar segar. Mekanik kemudian akan melakukan penyetelan langsam motor. Untuk jenis skutik seperti Honda Beat, putaran langsamnya berada pada kisaran 1.700 rpm.

 ⇒ Lampu Depan Sering Mati

Hasil gambar untuk lampu honda beat sering mati

Penyakit ini bisa menjangkiti Honda Beat, tapi tidak bisa disebut penyakit bawaan. Sebab, lampu sering mati tidak dialami pada semua motor. Biasanya, gejala ini ditandai dengan bohlam lampu yang lebih cepat putus dalam itungan pakai beberapa bulan atau beberapa minggu saja.
Banyak orang yang menyebut bila ini disebabkan karena sistem automatic headlamp on (AHO) alias lampu yang terus menerus menyala. Apabila memakai bohlam biasa yang harganya hanya ribuan rupiah mungkin benar, tapi lain cerita kalau pakai bohlam yang bagus.
Bila sudah pakai bohlam bagus masih sering putus juga, kiprok (regtifier regulator) yang rusak mungkin jadi penyebabnya.

Solusi satu-satunya yaitu dengan mengganti kiprok dengan yang baru dan asli. Bila memakai versi imitasi, kualitasnya kurang awet dan akan mengalami kendala yang sama lagi.
Kiprok berfungsi merubah arus litrik AC (Alternating Current) menjadi DC (Direct Current). Selain itu, kiprok juga berfungsi sebagai mensatabilkan arus ke lampu yang disesuaikan dengan kebutuhan arus lampu.
Saat aki listrik aki sudah penuh, maka kiprok akan menghentikan pasokan listrik yang masuk ke aki dan mengalihkannya ketempat lain untuk menghindari overcharge. Namun apabila arusnya terlalu kecil, maka bisa membuat aki tekor.

Oleh karena itu tegangan listrik dari kiprok harus seimbang agar aki bisa bekerja secara sempurna. Apabila kiprok rusak, maka aliran listrik yang masuk aki menjadi kurang optimal. Akibatnya, bisa membuat aki motor nge-drop, soak, tekor atau bahkan mati total.
Pemasangan kiprok ini sebenarnya tidak sulit, tapi harus membongkar seluruh bodi karena posisinya yang tersembunyi. Sehabis pemasangan, perlu juga dilakukan pengetesan arus listrik apakah sudah normal atau tidak. Kemungkinan lain adalah kabel massa yang menuju ke kiprok terputus.

 ⇒ Kendala Gredek Honda Beat

Hasil gambar untuk penyakit gredek honda beat

Gejala gredek-gredek ini menjangkiti nyaris semua skutik Honda, termasuk Beat. Gejala ini muncul di bagian CVT yaitu bergetar dan menimbulkan efek seperti gemuruh. Gredek ini disebabkan karena gesekan kampas kopling dan mangkok kopling kurang selaras.
Gredek, terasa memang pada putaran rendah atau motor baru melaju dan pada kondisi normal biasanya terasa getaran sekitar satu detik. Ini bikin tidak nyaman karena seolah akselerasi jadi tersendat karena getaran yang muncul.
Untuk persoalan gredek ini, sebaiknya datang langsung ke bengkel spesialis matic. Mereka akan langsung menyediakan dan melakukan pemasangan kampas CVT sesuai jenis motornya. Kampas custom ini biasanya hanya tersedia di beberapa toko sparepart motor.

Sekian ulasan hari ini, semoga bermanfaat:)

Postingan Populer