Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Ini 4 Penyebab Utama yang Bikin Kompresi Mesin Jadi Bocor

Untuk memperoleh tenaga mesin maka dibutuhkan proses kompresi di mesin. Kompresi adalah suatu proses memampatkan campuran bahan bakar dan udara di ruang silinder.

Namun, seiring pemakaian waktu, maka kompresi di ruang silinder bisa bocor akibat beberapa komponen yang mulai rusak.



Ada 4 penyebab utama yang membuat kompresi mesin jadi bocor.

1. Piston
Di ruang silinder, piston terus bergesekan dengan dinding silinder. Lama kelamaan maka piston akan mengalami keausan dan celah antara piston dan dinding silinder akan semakin besar.

Cepat atau tidaknya keausan celah antara dinding piston dan piston terjadi bisa juga diakibatkan oleh pelumasan yang kurang baik. Dari celah ini membuat kompresi bisa menjadi bocor. Biasanya bila keausan sudah parah maka dilakukan oversize atau membesarkan piston.

2. Ring Piston
Ring piston yang aus juga menjadi salah satu penyebab kompresi mesin bisa bocor. Ring piston yang fungsinya penting untuk menekan gas bakar di ruang silinder memiliki celah. Semakin besar celah ring kompresi maka kompresi mesin akan semakin bocor.

3. Liner Silinder
Liner silinder di blok mesin menjadi tempat naik turunnya piston. Kemungkinan liner silinder baret atau tergores bisa saja terjadi karena beberapa hal. Selain itu juga penggunaan filter udara yang tidak standar akan membuat partikel debu halus masuk ke mesin dan membuat liner silinder tergores.

4. Klep Mesin
Klep mesin yang bocor dengan dudukan klep bisa diakibatkan oleh menumpuknya kerak karbon. Kerak karbon yang menumpuk membuat klep tidak menutup rapat dan ini juga membuat kompresi bisa bocor keluar.

Baik, itu tadi beberapa penjelasan mengenai penyebab kebocoran mesin kompresi. Jadi, sudah tahu kan apa saja penyebabnya. Mulai sekarang kita harus cek rutin kendaraan kita agar tidak tejadi hal - hal yang tidak diinginkan. Terimakasih semoga bermanfaat.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar