Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Kita tahu jika saat ini motor-motor keluaran terbaru telah banyak menggunakan sistem injeksi. Dimana sistem injeksi ini merupakan sebuah metode pencampuran bahan bakar dengan udara agar menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Memang motor matic injeksi yang saat ini sedang populer di masyarakat menawarkan fitur yang menarik. Selain karena sistem injeksi yang membuat bahan bakar menjadi sangat irit, cara merawat motor injeksi juga lebih mudah. Bahkan jika diservis di bengkel, proses servisnya jauh lebih cepat ketimbang motor yang masih menggunakan karburator. Tentunya karena sistemnya sudah canggih, cara merawat mesin motor akan jauh lebih mudah.



Jadi seperti apa sih cara merawat motor matic injeksi yang benar? Apakah sama dengan cara merawat motor matic biasa? Yuk kita lihat beberapa tips  di bawah ini.

1. Panasi Mesin Motor Sebelum Dikendarai
Cara merawat motor matic injeksi yang pertama adalah dengan cara memanasi mesin motor terlebih dahulu sebelum dikendarai. Biasanya hal ini dilakukan pada saat pagi-pagi sebelum kita melakukan aktifitas seperti bekerja ataupun bepergian.

Sebaiknya pakai kick starter untuk memanasinya di awal hari. Jangan memanasi motormu dengan electric starter ya.

2. Periksa kondisi aki dan busi
Selanjutnya mengecek kondisi busi dan juga aki motor. Hal ini biasanya sering terlewatkan, padahal pengecekan sektor ini cukup penting karena aki dan busi memiliki fungsi yang penting dalam kendaraan bermotor.

Jika kondisi aki dan busi sudah tidak mumpuni lagi untuk digunakan, belikan sparepart yang sesuai standar dari motormu.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bensin
Hal ini sebaiknya jangan sampai terjadi pada motor matic yang kalian miliki karena hal ini dapat berakibat fatal pada motor kita nantinya. Sisitem injeksi ini sangat membutuhkan bensin pada saat berjalan, jika tangki bensin tidak ada bensi untuk disuplai ke mesin maka dapat berakibat fatal.

4. Ganti Oli Secara Rutin
Dengan mengganti oli mesin secara rutin berfungsi untuk menjaga kualitas mesin agar kuat dan mampu bertahan lama. Pergantian oli ini biasanya dengan melihat hitungan kilometer atau dapat juga dengan melihat kondisi mesin yang berbunyi kasar.

5. Periksa Roler dan Van Belt
Cara merawat motor matic injeksi yang selanjutnya adalah dengan cara memeriksa Roler dan juga Van Belt. Apabila kalian mungkin merasa tarikan motor matic saat digas terkadang terasa berat berarti ada masalah dari kedua komponen tersebut atau bahkan bisa jadi sudah tidak dalam kondisi bagus. Maka kalian harus cepat-cepat mengganti kedua komponen tersebut.

6. Kondisikan Kecepatan Motor Agar Selalu Stabil
Ketika kamu mengendarainya secara ugal – ugalan hal tersebut dapat membuat mesin motor menjadi cepat panas dan tentu boros bensi. Maka dari itu bijaklah dalam berkendara, selalu stabilkan kecepatan agar mesin tidak terlalu cepat panas dan bahan bakar tetap irit.

7. Sering Periksa Ruang Transmisi dan Shockbreaker
Terkadang ruang transmisi sering kali kemasukan debu, dan alangkah baiknya untuk segera membersihkannya setelah kilometer motor mencapi 4000 km. Kemudian gantilah oli shockbreaker setiap 10000 km agar kondisi tersebut tetap terjaga dan awet.

8. Rajinlah Servis di Bengkel Resmi
Dan cara merawat motor matic injeksi yang terakhir adalah dengan melakukan servis motor secara berkala di bengkel-bengkel resmi. Cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menjaga kondisi motor agar tetap terjaga.

Nah itulah beberapa cara merawat motor matic injeksi yang paling mudah. Selain itu kalian juga dapat memperhatikan kondisi motor sebelum berkendara apalagi ketika berkendara jarak jauh. Semoga artikel dari kami bermanfaat, sekian dari kami dan terimakasih.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar