Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Beberapa Sebab Tarikan Motor Ngempos



Salah satu ciri pembakaran yang baik dalam sepeda motor adalah saat digas dan masuk gigi, maka motor akan langsung melaju tanpa kendala apapun. Lain halnya jika pembakaran terjadi tidak sempurna.

Satu masalah yang kerap terjadi karena sistem pembakaran kurang sempurna adalah seperti kehilangan tenaga atau istilahnya ngempos. Maksud ngempos adalah, saat gas dibetot atau ditarik, dalam beberapa detik tidak terasa gejala pembakaran, yang ditandai dengan hilangnya tenaga secara tiba-tiba.

Tentu ini sangat berbahaya. Dapat dibayangkan jika terjadi ngempos ketika motor sedang dikemudikan di jalan ramai seperti saat ingin menyalip kendaraan lain. Efek terburuk adalah kecelakaan.

Ada beberapa sebab yang jadi biang keladi masalah ini. Dari mulai, karburator yang kotor, filter udara yang sudah sangat kotor, hingga percikan api yang tidak sesuai dengan standar.

Kalau filter udara sudah sangat kotor misalnya, udaranya akan tersumbat, sehingga tidak lancar masuk ke ruang pembakaran.

Soal pengapian, lebih spesifik masalahnya terletak di sepul yang sudah lemah. Sepul merupakan pusat api sehingga kalau sepulnya lemah apinya pun jadi kecil.

Masalah lainnya terletak pada pilot jet, atau komponen yang berfungsi mengalirkan bahan bakar saat rpm bawah hingga menengah. Kalau pilot jet sudah banyak kotoran maka suplai bahan bakarnya pun terganggu. Itu dia kenapa gejala ngepos biasanya di rpm bawah.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar