Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

6 Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar Alias Tidak Boros

Modifikasi.co.id – Mungkin banyak orang yang bertanya tanya khususnya para pengguna motor matic ,bagaimana cara menghemat bahan bakar motor matic khususnya untuk motor merek yamaha.Karena seperti yang kita ketahui bahwa motor matic merek yamaha lebih boros dari pada motor matic dari merek lainya. Beda jauh antara motor matic yamaha (mio) dan motor matic Honda
(beat) 2 motor matic ini lebih boros mio dari pada honda beat.

Berikut ini saya ingin sharing informasi yang membahas mengenai tips menghemat bahan bakar motor matic yang saya kutip dari berbagai sumber yang mungkin bisa menjadi referensi anda semuanya.

1. Jangan Terlalu Lama Dalam Pemanasan Mesin
untuk anda pengguna motor matic tidak perlu memanaskan mesin motor terlalu lama karena pada intinya sama saja dengan membuang bahan bakar . Kebiasaan dalam memanaskan mesin motor mungkin sudah tradisi dan menjaga agar motor tetep awet tahan lama dan selalu dalam kondisi prima.Untuk Motor terbaru biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama ,tujuan dari pemanasan mesin motor yaitu untuk memanaskan mesin sekaligus agar oli yang ada di dalam mesin melumasi komponen komponen yang ada dlam mesin tersebut , sehingga saat dijalankan motor ready untuk diajak beraktifitas. Untuk pemanasan sendiri anda cukup memanaskan sekitar 3-5 Menit , anjuran dari pada mekanik motor maksimal 10 Menit.

2. Putaran Gas Motor
Setiap pengendara yang menggunakan motor biasanya memiliki gaya tersendiri . tetapi untuk yang satu ini tentunya jelas berpengearuh pada kondisi bahan bakar yang digunakan .Jika anda terlalu sering menggeber gas motor dengan tiba tiba misalnya atau dalam irama gas yang tidak teratur maka aliran bahan bakar tersebut akan semakin besar. Hal tersebut pernah saya alami dan saya praktekan , dengan menggeber motor gas rem , gas rem, gas mentok , terus di rem maka bisa membuat
bensin boros , beda halnya jika saat menarik tuas gas normal tidak langsung mengeber tapi bertahap dan kecepatan motor rata2 misalnya 60 terus. Bukan dengan menyentakan gas motor sampai kecepatan tinggi. Beda banget saat mengendari motor dengan menyentak gas kuat kuat dengan menggunakan gas motor dengan gaya normal yaitu perlahan lahan menarik gas motor ,lebih menghemat pelan pelan.

3. Penggantian Oli Motor
Jika Motor digunakan dalam jangka beberapa waktu terus motor yang anda kendarai tersebut mengalami penurunan performancenya, anda bisa melakukan pengecekan di bengkel terpercaya. Tarikan mesin biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah kinerja dari karburator sendiri mungkin setelanya tidak pass. Sumbatan yang terjadi pada karburator atau gangguan lain terhadap komponen lainya juga bisa menyebabkan bahan bakar terbuang sia sia dan tenaga menjadi drop. untuk itu anda bisa melakukan penggantian oli motor berkala agar tetep awet dan performance tetep prima.

4. Cek berkala bagian sistem pengapian.
Mengatur Komponen pengapian ,hal ini berlaku untuk motor matic yang masih menggunakan karburator, anda bisa pengecekan pada komponen tersebut, bagaimana kondisinya secara berkala. Dengan melakukan pengecekan dan perawatan tentunya agar kondisi pengapian tetap seperti pada pabrikan dengan harapan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan normal.

5. Cek Bagian Filter Angin Secara Berkala.
Mengapa anda harus melakukan check komponen ini , apakah berpengaruh…? Dengan filter udara yang kotor maka akan mengakibatkan udara yang masuk ke sistem pembakaran melalui saluran intake menjadi tersumbat. Biasanya kotornya filter tersebut sering diabaikan oleh kebanyak pengguna sepeda motor matic. Pastikan selalu membersihkanya secara teratur untuk menghindari penyumbatan udara dan disarankan melakukan pergantian filter udara jika sudah sampai 15.000 km/

6. Gunakan Bahan Bakar Otak Tinggi.
Dengan anda menggunakan bahan bakar oktan tinggi walaupun lebih mahal dari pada premium tapi pembakaran yang dihasilkan akan lebih sempurna,karena pertamax berbeda dengan premium. Hal ini pernah saya alami dan saya bedakan , penggunaan bensin pertamax performance lebih joss gandoss dan juga lebih irit mungkin karena pembakaran sempur, kalau menggunakan premium lebih boros dan tenaga yang di hasilkan biasa biasa saja.,Karena Pertamax sendiri memiliki oktan yang lebih tinggi dari pada bensin. Selain itu jika anda menggunakan bensin pertamax anda akan mendapatkan keuntungan plus yaitu mampu membersihkan karbon sisa pembakaran dan memang bahan bakar pertamax sendiri yang memiliki sisa karbon paling sedikit.

Nah bagaimana ..? Semoga bisa membantu anda semuanya khusunya bagi yang punya motor matic dan ingin memilki bahan bakar yang irit maka bisa coba tips diatas.





Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar