Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

Bagian Komponen Motor yang Harus Dicek Setelah Menrabas Banjir



Intensitas hujan yang masih tinggi, membuat sebagian daerah di Indonesia masih tergenang air. Bagi pengendara motor, kondisi ini menjadi pekerjaan rumah lantaran ada beberapa komponen yang harus dijaga.

Berikut ini beberapa komponen yang harus dicek setelah motor berusaha menerabas atau terendam genangan air atau banjir.

1. Busi

Lantaran posisi busi (spark plug) berada di bawah, komponen ini biasanya mudah terkena air. Jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan gejala brebet atau bahkan mesin mati. Segera bersihkan area kepala busi hingga kering.

2. Filter udara

Gejalanya juga sama dengan busi jika komponen ini kemasukan air motor akan tersendat. Segera ganti filter karena hampir semua filter udara dimotor mengandung pelumas, jika tidak segera diganti air akan terus menempel.

3. Oli mesin

Ciri-ciri oli sudah bercampur air, yakni adanya bintik putih seperti susu. Hal ini bisa dilihat dari dipstick, jika tidak segera diganti akan merusak pada komponen motor Anda.

Untuk motor matik, cek juga oli gardan yang berada di bawah shockbreaker. Jika selang tidak normal, kemungkinan bakal rawan kemasukan air yang pada akhirnya menimbulkan suara kasar di sekitar CVT.

Itu tadi sedikit tips untuk mengecek komponen motor saat terendam air. Semoga bermanfaat untuk Anda para pembaca, terimakasih.


Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar