Cari Blog Ini

BERITA DAN INFORMASI MODIFIKASI MOTOR

4 Cara Mudah Memperbaiki Busi yang Mati

Halo, riders. Kali ini kami ingin membagi informasi mengenai cara memperbaiki busi. Jadi, simak terus apa yang kami sampaikan. Check it dot

Busi merupakan sebuah komponen yang sangat penting sekali dalam menggerakan listrik di Motor maupun mobil. Apa gunanya motor jika busi yang di gunakan mati, dengan busi yang mati di motor pastinya akan membuat motor tersebut tidak bisa di gunakan. Berbeda dengan motor yang hanya memiliki satu busi, di mobil sendiri memiliki setidaknya 2 busi sekaligus.

Ada banyak sekali hal yang menyebabkan busi di motor menjadi mati atau rusak. Salah satunya karena sering terkena air, busi yang sering terkena air ini lah yang membuatnya menjadi rusak. Selain itu umur busi yang sudah cukup lama juga biasanya menjadi salah satu alasan kenapa busi itu mati. Meskipun ada alasan lain, seperti kelistrikan pada motor yang bermasalah namun dua hal tersebut merupakan hal yang paling sering terjadi.

Disini kami akan memberikan informasi beberapa langkah-langkah yang tepat untuk memperbaiki busi motor yang rusak atau mati. Yuk mari dibaca :

1. Melakukan Pembersihan Busi

Cara memperbaiki busi motor yang pertama adalah dengan cara membersihkan busi motor tersebut. Biasanya motor akan sulit dinyalakan jika busi motor kotor atau banyak debu yang menempel dibagian elektroda busi tersebut. Nah untuk memperbaikinya kalian dapat menggunakan kain atau amplas halus untuk membersihkan bagian elektroda dan kemudian dilap dengan kain yang bersih. Jika sudah bersih, pasang kembali busi dan nyalakan motor.

2. Memecahkan Keramik Pemantik Busi

Cara memperbaiki busi motor yang kedua adalah dengan cara memecahkan keramik pemantik busi tersebut. Cara ini dapat kalian lakukan jika cara pertama telah gagal, pertama buka kabel busi dan lepas busi motor tersebut kemudian pecahkan keramik yang ada pada bagian pemantik dengan menggunakan obeng atau tang dengan cara dipukul. Setelah itu pastikan keramik tersebut pecah dan bersihkan agar tidak ada sisa keramik yang menempel pada busi, karena jika ada yang masuk dalam ruang bakar busi motor akan mengakibatkan kerusakan.

3. Membakar Bagian Eletroda

Cara yang ketiga ini juga dapat kalian lakukan, yakni dengan membakar bagian elektroda pada busi. Kalian dapat rapatkan bagian elektroda kemudian lakukan pembakaran dengan menggunakan kompor gas atau las, sehingga komponen yang terkena debu atau oli akan kering.

4. Cara Darurat Jika Mogok

Dan cara memperbaiki busi motor yang terakhir adalah dengan cara merenggangkan cop busi dan mencoba nyalakan kembali motor kalian jika mogok dijalan. Perenggangan cop busi ini bertujuan agar api busi bisa melompat ke cop busi dan setelah berhasil menyala kalian dapat memesangkan cop busi dengan kencang dan benar.

Baik, itu tadi beberapa tips jika motor kalian mengalami masalah pada busi. Jadi bagi kalian jika motor mengalami masalah tidak menyala atau mati maka cek terlebih dahulu bagian businya. Terimakasih sudah mampir dan meluangkan waktu untuk datang di web kami.







Jangan Lupa Follow IG kami @masbrotuju dan Juga Ikuti Halaman FB nya MASBRO7.com


Daftar